Senin, 20 Agustus 2018 | 06:32:32
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH
Diposting Oleh jotik | Jenis SKPD: Badan | 23 Maret 2018
Nama Kepala : MUHAMMAD SALEH,SH
NIP Kepala : 196802202000121001
Website Instansi :
Alamat Kantor : balitbangda.bth@gmail.com
TUGAS POKOK DAN FUNGSI

2.1. Tugas, Fungsi, dan Struktur Organisasi 

Berdasarkan Peraturan Bupati Batang Hari Nomor 57 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Tugas dan Fungsi Kepala Badan, Sekretaris, Kepala Subbagian, Kepala Bidang, Kepala Subbidang, dan Kelompok Jabatan Fungsional pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Batang Hari, Tugas Pokok dan Fungsi dimaksud adalah sebagai berikut :

  1. Kepala Badan Penelitian dan pengembangan Daerah

Mempunyai tugasmemimpin, mengkoordinir, mengendalikan dan mengevaluasi kegiatanpenelitian dan pengembangan daerah. Untuk menyelenggaranan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Balitbangda mempunyai fungsi :

 

  1. Penyusunan kebijakan teknis penelitian dan pengembangan Pemerintah Kabupaten;
  2. Penyusunan perencanaan program dan anggaran penelitian dan pengembangan, Pemerintah Kabupaten;
  3. Pelaksanaan Penelitian dan Pengembangan di Pemerintahan Kabupaten;
  4. Pelaksanaan Pengkajian kebijakan lingkup urusan pemerintahan daerah Kabupaten;
  5. Fasilitasi dan pelaksanaan inovasi daerah;
  6. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan penelitian dan pengembangan di Kabupaten;
  7. Koordinasi dan Sinkronisasi pelaksanaan penelitian dan pengembangan lingkup pemerintahan Kabupaten;
  8. Pelaksanaan administrasi penelitian dan pengembangan daerah kabupaten;
  9. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya;

 

  1. Sekretaris Balitbangda

Mempunyai tugas memberikan pelayanan administrasi teknis kepada semua unsur dilingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, sekretaris Balitbangda mempunyai fungsi :

  1. Perumusan perencanaan program dan anggaran, pelaksanaan pemantauan dan evaluasi kinerja, serta pelaksanaan kerjasama penelitian dan pengembangan;
  2. Pengelolaan verifikasi keuangan, pelaksanaan perbendaharaan dan urusan akuntansi dan pelaporan keuangan;
  3. Pengelolaan ketatausahaan, pelaksanaan kerumahtanggaan, keamanan dalam perlengkapan dan pengelolaan asset serta urusan perpustakaan dan dokumentasi
  4. Pengelolaan administrasi kepegawaian dan pembinaan jabatan fungsional serta evaluasi Kinerja Aparatur Sipil Negara
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Badan;

        Sekretaris sebagaimana dimaksud di atas membawahi :

  1. Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  2. Subbagian Keuangan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan

Masing-masing subbagian sebagaimana maksud diatas dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada kepala Badan melalui sekretaris.

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sebagaimana dimaksud diatas mempunyai tugas menyelenggarakan administrasi umum, administrasi kepegawaian dan mengelola perlengkapan rumah tangga.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Sub Bagian umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi :

  1. Melakukan urusan surat menyurat, melaksanakan kearsipan dan ekspedisi, pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan, pengelolaan asset, penyelenggaraan urusan perpustakaan, informasi dan dokumentasi, serta urusan administrasi kepegawaian, pembinaan jabatan fungsional, dan evaluasi kinerja Aparatur Sipil Negara yang menjadi tanggung jawab Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah.

 

Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan

          Mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan program dan anggaran, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program dan anggaran, serta fasilitasi penyiapan dan pelaksanaan kerjasama, pengelolaan dan penyiapan bahan pelaksanaan verifikasi, penata usahaan, perbendaharaan, dan pembukuan keuangan, urusan akuntansi dan pelaporan keuangan, serta penyiapan bahan tanggapan pemeriksaan yang menjadi tanggung jawab Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah.

 

  1. Kepala Bidang Sosial dan Pemerintahan

Bidang Sosial dan Pemerintahan mempunyai tugas Melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang sosial dan pemerintahan. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Bidang Sosial dan Pemerintahan mempunyai fungsi :

a. Penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, program dan anggaran penelitian dan pengembangan di bidang social pemerintahan.

b. Penyiapan bahan pelaksanaan penelitian dan pengembangan dibidang social    dan pemerintahan.

Kepala Bidang Sosial dan Pemerintahan sebagaimana dimaksud diatas membawahi ;

  1. Subbidang Sosial dan Budaya
  2. Subbidang Kependudukan, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa; dan
  3. Subbidang Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan.

Masing-masing subbagian sebagaimana dimaksud dipimpin oleh seorang kepala subbidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada kepala bidang Sosial dan Pemerintahan.

 

Kepala Sub Bidang Sosial dan Budaya melaksanakan tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan dibidang social dan budaya, meliputi aspek-aspek social, pendidikan, kebudayaan, kepemudaan dan olahraga, pariwisata, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana dan kesehatan.

 

Kepala Sub Bidang Kependudukan, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan dibidang Kependudukan, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, meliputi aspek-aspek administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, transmigrasi, tenaga kerja, pemberdayaan masyarakat dan desa, penataan kelembagaan desa, ketatalaksanaan desa, aparatur desa, keuangan dan asset desa, partisipasi masyarakat dan Badan Usaha Milik Desa.

Kepala Sub Bidang Penyelenggara Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan

melaksanakan tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi dan evaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan dibidang penyelenggaraan pemerintahan, meliputi aspek-aspek otonomi daerah, pemerintahan umum, kelembagaan, ketatalaksanaan, aparatur, reformasi birokrasi, ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, penyiapan bahan perumusan rekomendasi atas rencana penetapan peraturan baru dan / atau evaluasi terhadap pelaksanaan peraturan, melakukan pengelolaan data kelitbangan dan peraturan, serta fasilitasi pemberian rekomendasi penelitian bagi warga negara asing untuk diterbitkan izin penelitian oleh instansi yang berwenang.

  1. Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan

mempunyai tugas Pokok Melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang ekonomi dan pembangunan dan melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Badan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Bidang Ekonomi dan Pembangunan mempunyai fungsi:

  1. ) Penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, program dan anggaran penelitian dan pengembangan di bidang ekonomi dan pembangunan.

b) Penyiapan bahan pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang ekonomi dan pembangunan.

  1. Penyiapan bahan pelaksanaan pengkajian kebijakan di bidang ekonomi dan pembangunan.
  2. Penyiapan bahan pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan penelitian dan pembangunan di bidang ekonomi dan pembangunan.
  3. Penyiapan bahan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang ekonomi dan pembangunan.
  4.  

g) Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Badan.

Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan sebagaimana dimaksud diatas, membawahi:

  1. Subbidang Ekonomi
  2. Subbidang Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup; dan
  3. Subbidang Pengembangan Wilayah Fisik dan Prasarana

Masing-masing subbidang yang dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Kepala Sub Bidang Ekonomi

Mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan dibidang Ekonomi, meliputi aspek-aspek Penanaman Modal, koperasi, usaha kecil dan menengah, perindustrian, perdagangan dan Badan Usaha Milik Daerah.

Kepala Sub Bidang Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup

Mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan dibidang Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup, meliputi aspek-aspek pangan, pertanian, kelautan dan perikanan, lingkungan hidup, kehutanan, energy dan sumberdaya mineral dan perkebunan.

Kepala Sub Bidang Pengembangan Wilayah, Fisik dan Prasarana Melaksanakan tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan dibidang pengembangan wilayah, fisik dan prasarana, meliputi aspek-aspek perumahan dan kawasan permukiman, penataan ruang, pertanahan, pekerjaan umum, perhubungan, komonikasi dan informatika.

  1. Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi
  2. Tugas melaksanakan penelitian dan pengembangan serta fasilitasi dan penerapan bidang inovasi dan Teknologi, serta melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Badan.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Bidang Inovasi dan Teknologimenyelenggarakan fungsi :

  1. Penyiapan bahan penyusunan perumusan kebijakan teknis, program dan anggaran penelitian dan pengembangan, serta fasilitasi dan penerapan dibidang inovasi dan Teknologi.
  2. nyiapan bahan rancangan kebijakan terkait jenis, prosedur dan metode penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang bersifat inovatif.
  3. Penyiapan bahan pelaksanaan penelitian dan pengembangan dibidang Inovasi dan teknologo.
  4.  

e) Penyiapan bahan strategi dan penerapan dibidang inovasi dan teknologi.

f) Penyiapan bahan pemantauan, evaluasi dan pelaporan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan penelitian dan pengembangan, serta fasilitasi dan penerapan dibidang inovasi dan teknologi.‚Äč

  1. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Badan.

Kepala Bidang Inovasi dan teknologi membawahi :

  1. Subbidang Inovasi dan Pengembangan Teknologi.
  2. Subbidang difusi Inovasi dan Penerapan Teknologi; dan
  3. Subbidang diseminasi Kelitbangan.

Masing-masing Subbidang dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang yang berada dan dibawah dan bertanggung jawab kepada kepala bidang Inovasi dan Teknologi.

Kepala Subbidang Inovasi dan Pengembangan Teknologi melaksanakan tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian, pengembangan, dan perekayasaan dibidang Inovasi dan Teknologi.

Kepala Subbidang Difusi Inovasi dan Penerapan Teknologi melaksanakan tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan uji coba dan penerapan rancang bangun / model replikasi dan invensi dibidang difusi inovasi dan penerapan teknologi.

Kepala Subbidang Diseminasi Kelitbangan melaksanakan tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan terkait jenis, prosedur dan metode penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang bersifat Inovatif, penyiapan dan pelaksanaan sosialisasi dan diseminasi hasil-hasil kelitbangan, serta fasilitasi Hak Kekayaam Intelektual.

1. VISI dan  MISI BALITBANGDA KABUPATEN BATANG HARI

 

4.1.1 V I S I

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Batang Hari, memiliki tugas pokok dan fungsi dalam penelitian dan pengembangan, memiliki peran dan posisi strategis dalam kerangka pencapaian visi pembangunan jangka menengah Kabupaten Batang Hari yaitu: “Masyarakat Batang Hari Maju, Adil dan Sejahtera berlandaskan ketaqwaan 2016-2021.

Dalam kerangka tersebut, keberadaan Balitbangda menjadi salah satu bagian dari pencapaian visi Kabupaten Batang Hari, sehingga dalam perumusan visinya harus mencerminkan upaya pencapaian visi dan misi pemerintah Kabupaten.

Visi adalah suatu gambaran dan harapan yang menantang tentang keadaan masa depan yang berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan oleh suatu organisasi, atau pandangan jauh ke depan, ke mana dan bagaimana suatu organisasi akan dibawa dan berkarya agar tetap eksis, antisipatif, inovatif, serta produktif. Bertitik tolak dari uraian tersebut, maka Visi Balitbangda Kabupaten Batang Hari untuk 5 (lima) tahun kedepan yang ingin di capai   adalah :

“Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Batang Hari melalui Pengembangan Inovasi  daerah yang berkualitas”

Penjelasan dari Visi tersebut di atas adalah sebagai berikut :

Tujuan pembangunan daerah adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya. Inovasi daerah dibutuhkan sebagai landasan dalam upaya percepatan pembangunan daerah. Inovasi daerah yang berkualitas maksudnya Inovasi yang dapat diterapkan dalam menyusun kebijakan pambangunan daerah dalam rangka menjawab berbagai persoalan pelaksanaan pembangunan daerah. Berbagai upaya pembangunan dilakukan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan. Mulai dari pemenuhan pelayanan dasar masyarakat, pembangunan infrastruktur, pelayanan administrasi dan sebagainya. Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya untuk melaksanakan fungsi penunjang bidang penelitiaan dan pengembangan harus mampu memberikan rekomendasi hasil penelitian dan pengembangan maupun inovasi yang berkualitas di berbagai sektor pembangunan daerah. Inovasi

Bentuk visualisasi dapat dilihat sebagai berikut :

 

 

PLANNING

BAPPEDA

Oval: PLANNING
BAPPEDA

 

ORGANIZING

SETDA

Oval: ORGANIZING
SETDA
 

 

 

 

 

 

 

CONTROLLING

INSPEKTORAT

 

 

ACTUATING

OPD TEKNIS

 

 

R & D

BALITBANG

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fungsi Information Research and Development (IRD)

 

Gambar 4.1 Fungsi Information Research and Development (IRD)

            

 

 

 

Penjelasan gambar :

Visualisasi tersebut menjelaskan konsep eksistensi dari Balitbangda di dalam manajemen Pemerintahan Kabupaten Batang Hari ke depan.  Balitbangda sebagai sub sistem (mata rantai) manajemen yang baru dibentuk diharapkan dapat mensinergikan su-sub sistem manajemen Pemerintah Kabupaten Batang Hari seperti pada gambar terlihat fungsi Planning  dilaksanakan oleh Bappeda, fungsi Organizing dilaksanakan oleh jajaran sekretariat daerah, fungsi Actuating dilaksanakan oleh OPD pelaksana urusan Kongruen yang ada di jajaran pemerintah Kabupaten Batang Hari.  Fungsi Controlling dilaksanakan oleh Inspektorat dan Fungsi R&D (Riset and Development) dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah.

Di dalam ilmu manajemen terlihat dengan jelas fungsi-fungsi manajemen adalah Planning, Organizing, Actuating dan Controlling, akan tetapi agar fungsi-fungsi itu dapat di design dengan baik haruslah melalui peranan R & D.  Demikianlah diharapkan peranan R & D yang penting ini dan dilembagakan dalam struktur manajemen Pemerintah Kabupaten Batang Hari dengan nama Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, diharapkan mampu melaksanakan fungsi R & D.

 

4.1.2. M I S I

 

Misi adalah sesuatu yang diemban dan dilaksanakan oleh organisasi agar tujuannya dapat terlaksana dan tercapai dengan hasil yang optimal. Dengan pernyataan Misi diharapkan seluruh pegawai dan pihak-pihak yang berkepentingan (customer dan stakeholders) dapat mengenali tugas pokok dan fungsi organisasi serta dapat mengetahui peran dan program-programnya serta hasil dan manfaat yang akan diperoleh di pada masa mendatang.

Secara umum upaya-upaya yang akan dilakukan untuk mewujudkan visi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Balitbangda, diperlukan tindakan nyata dalam bentuk 3 (tiga) misi sebagai berikut :

< >Mewujudkan  hasil penelitian yang berkualitas dan aplikatif sehingga dapat diterapkan dalam penyelenggaraan pemerintahan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakatMewujudkan Pengembangan Sistem  Inovasi daerah serta Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam rangka meningkatkan nilai tambah, dan daya saing daerahMewujudkan Peningkatkan  kualitas   SDM Kelitbangan yang Profesional serta Pemenuhan Sarana dan Prasarana Kelembagaan Balitbangda 

 

 


STRUKTUR ORGANISASI