Jumat, 30 Oktober 2020 | 19:37:10

Panen Perdana Ikan Patin Dikawasan Minapolitan Pemayung
Diposting Oleh DISKOMINFO Kab. Batang Hari | Berita Daerah | Minggu, 02 April 2012 - 11:33:36 WIB

Panen Perdana Ikan Patin yang berada di Desa Ture Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari.

Muara Bulian, Wakil Bupati Batanghari Sinwan,SH dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Ir.Syarasadin dan Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Pusat diwakili Ir.Helmi beserta rombongan, Jum’at 30 Maret 2012 melakukan panen perdana ikan patin sekaligus berdialog secara langsung dengan pembudidaya ikan di kawasan Minapolitan yang berada di Desa Ture Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari.

Wakil Bupati Batanghari Sinwan,SH dalam sambutannya mengucapkan terimah kasi kepada Gubernur Jambi dan Dirjen Perikanan Bididaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Pusat beserta rombongan yang telah sudi
dan dapat hadir di kawasan minapolitan Pemayung Batanghari. Menurut Wakil Bupati Batang Hari, potensi kolam dikawasan Minapolitan Kecamatan Pemayung seluas 2.200 hektar lebih, baru dimanfaatankan 28,1 hektar dan pada saat ini jumlah kolam ikan yang sudah dibangun dikawasan Minapolitan Pemayung berjumlah lebih kurang sebanyak 567 unit kolam yang dikembangkan mulai dari hilir Desa Lopak Aur hingga ke hulu Desa Kubu Kandang Dalam Kecamatan Pemayung.

Dimana salah satu prioritas jenis ikan yang dikembangkan dikawasan tersebut adalah jenis ikan patin, karena potensi kolam atau kadar air yang ada di kawasan minapolitan sangat baik untuk pengembangan jenis ikan patin. Namun tidak menutup kemungkinan dikawasan tersebut akan kita kembangkan jenis ikan lokal seperti, Ikan Betok, Tembakang dan lainnya. Dalam dialog tersebut, salah seorang pembudidaya ikan dikawasan minapolitan tersebut meminta kepada pemerintah agar mereka yang berada di kawasan minapolitan diberikan tambahan bantuan modal yang tidak sulit persyaratannya.

Kemudian mereka juga meminta agar para petani pembudidaya khususnya yang ada di kawasan Minapolitan diberikan pelatihan tentang pembudidaya ikan serta bantuan jaring panen ikan beserta keranjang ikan dan mesin penyedot lumpur. Sekda Provinsi Jambi Ir.Syarasadin berjanji, kedepan kawasan minapolitan yang ada di Pemayung akan dibuat seperti kawasan minapolitan yang berada di Desa Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi yang disebut Kampung Pagan Terpadu yang akan terus dibina dan dikembangkan.

Berkenaan dengan permintaan petani pembudidaya, pemerintah Provinsi Jambi sudah memberikan bantuan berupa 2 unit mesin pengolah pakan ikan yang salah satunya diberikan kepada pembudidaya ikan yang ada di kawasan Minapolitan ini termasuk mesin sedot lumpur serta satu buah jaring panen ikan. Dimana mesin pengolah pakan ikan tersebut, tidak lain bertujuan untuk memperkecil biaya produksi pakan ikan yang dikeluakan oleh para pembudidaya mengingat harga pakan ikan pada saat ini cukup tinggi.

Sedang bantuan modal atau kredit, pemerintah akan berusaha melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan disampaikan ke Gubernur Jambi dan masalah pelatihan terhadap petani itu akan terus dilakukan dimana dari 81 kecamatan yang ada di Jambi nantinya akan dilatih tentang pembudidaya ikan sedikitnya 24 orang per kecamatan.

Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Pusat diwakili oleh Kasubid Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Ir. Helmi selaku mengatakan, pemerintah pusat akan terus mendukung pengembangan ternak ikan dikawasan Minapolitan yang ada di Provinsi Jambi, karena selama ini pengembangan ternak ikan dikawasan Minapolitan dinilai cukup efektif dan juga potensi dikawasan minapolitan yang ada yang tinggi, sehingga pemerintah telah memberikan bantuan satu unit alat berat kepada pemerintah Batanghari guna mempercepat proses pembangunan kolam dikawasan Minapolitan yanga ada dan satu unit mesin pengolah pakan ikan untuk memperkecil biaya produksi pakan.

(Dio-Humas)