Minggu, 17 November 2019 | 23:05:40

DIKLAT PIM IV MENINGKATKAN SIKAP DAN SEMANGAT PENGABDIAN
Diposting Oleh DISKOMINFO Kab. Batang Hari | Berita Pemerintahan | Kamis, 11 Maret 2013 - 14:01:02 WIB
Muara Bulian, Bupati Batang Hari diwakili Wabup Sinwan, SH membuka resmi Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan  (Diklatpim) Tingkat IV  Angkatan X Tahun 2013  Senin, 11 Maret 2013 di Ruang Pola Kantor Bupati Batang Hari dihadiri Forum Kominda Batang Hari, para kepala SKPD, Kabag dilingkungan Setda,  serta undangan lainnya.
 
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Batang Hari Drs. Ariansyah, ME melaporkan, Dasar pelaksanaan Diklatpim IV ini antara lain  PP No.101 Tahun 2000 tentang Diklat jabatan PNS, dan Kepmendagri No.38 Tahun 2002 tentang  Diklat Parajabatan dan Kepemimpinan di Jajaran Depdagri serta keputusan Kepala LAN No.541/XIII/10/6/2001tanggal 10 Agustus 2001 tentang Pedoman Penyelenggaraan DiklatPim Tingkat IV.
 
Selanjutnya Drs. Ariansyah, ME Diklatpim IV Angkatan X berthema umum Peningkatan kualitas pelayanan prima melalui peningkatan kompetensi aparatur dengan berbasis kepada kebutuhan lokal dengann thema khusus  peningkatan kualitas pelayanan prima melalui operasionalisasi kegiatan yang efektif dan efisien.
 
Menurut  Ariansyah Diklatpim diikuti 40 peserta utusan dari SKPD dalam Kabupaten Batang Hari terdiri dari 22 pria dan 18 wanita berlangsung 42 hari mulai tanggal 10 Maret sampai 20 April 2013  setara dengan 359 Jam Pelajaran di Wisma PKK Muara Bulian, bertujuan meningkatkan kesetiaan PNS kepada Pancasila dan UUD 1945, bangsa dan negara, menambah kesamaan pola pikir yang dinamis agar memiliki wawasan yang konfrehensif untuk melaksanakan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan, memantapkan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pengembangan partisipasi masyarakat serta meningkatkan pengetahuan, keahlian dan keterampilan serta pembentukan kepribadian PNS sedini mungkin.
 
Peserta nantinya akan melaksanakan Orientasi Lapangan (OL) di empat tempat pada wilayah Kabupaten Bandung yakni Pelayanan di Kecamatan, pelayanan di RSU, pelayanan di BPTSP dan pelayanan Dispenda.
Kaban Diklat Provinsi Jambi Mualimah pada kesempatan tersebut mengatakan, Pejabat eselon IV berperan dalam mempengaruhi dunia usaha dan masyaraakat dalam mensinergikan peranan sesuai dengan Tupoksi, sesuai arah dan strategi kebijakan SKPD masing-masing dalam pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik.
 
Diklat Pim IV Bukan hanya untuk syarat menduduki jabatan  eselon IV saja,  akan tetapi bertujuan meningkatkan kualitas karakter kepemimpinan, pengetahuan dan keterampilan peserta Guna mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Batang Hari, diharapkan dapat memperbaiki diri dan meningkatkan pelayanan dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan.
 
Mualimah mengharapkan agar peserta  mempunyai ramuan jitu dalam mengelola SDM dilingkungan masing-masing serta mampu mensinergikan kepada masyarakat dan pihak swasta dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik sesuai Tupoksinya masing-masing, dan dapat menjadi tauladan bagi bawahannya.
 
Bupati H. Abdul Fattah, SH dalam sambutan tertulisnya dibacakan Wabup Sinwan, SH mengatakan, PNS sebagai perekat bangsa merupakan  unsur utama  SDM Aparatur dan berperan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.
 
Menurut Bupati, PNS yang mempunyai kompetensi yang diidentifikasikan dari sikap dan prilakunya penuh kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral, bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatauan bangsa.
 
Untuk membentuk PNS tersebut diatas perlu pembinaan melalaui Diklat guna meningkatkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, meningkatkan kompetensi teknis, manajerial dan kepemimpinannya serta meningkatkan efisiensi, efektifitas dan kualitas pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerja sama dan tanggung jawab sesuai  dengan lingkungan kerja dan organisasinya.
 
Untuk itu Bupati mengharapkan agar Peserta dapat mengikuti Diklatpim IV ini dengan baik dan sunguh-sungguh, dapat menigkatkan kinerja dalam penerapkan ilmu yang didapat selama Diklatpim IV dilingkungan kerjanya masing-masing secara profesional, baik dan benar dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan, mampu melaksanakan kerja secara profsional, serta mampu melaksanakan karya karya unggul.
 
Acara pembukaan DiklatPim IV ditandai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lau Hymne Abdi Praja dan lagu Satu Nusa Satu bangsa serta penyematan tanda peserta dari Wabup Sinwan, SH  secara simbolis kepada 2 orang utusan peserta.(Dio-Humas)