Minggu, 23 November 2019 | 08:40:07

Bupati Batang Hari Buka Rakor Kominda Kabupaten Batang Hari
Diposting Oleh DISKOMINFO Kab. Batang Hari | Berita Pemerintahan | Rabu, 27 Februari 2013 - 15:12:16 WIB
Muara Bulian, Bupati Batang Hari diwakili Asisten Administrasi Sekda Batang Hari Drs.H. Baihaqi Syam membuka resmi  Rapat Koordinasi Intelijen Daerah Rakorkominda) Kabupaten Batang Hari, Selasa, 26 Februari 2013 di ruang pola Kantor KesbangPolinmas Batang Hari dihadiri Kajari Muara Bulian diwakili Kasi Intel Khusaini, Kapolres Batang hari, Kepala SKPD terkait serta undangan lainnya.
 
Bupati Batang Hari dalam sambutan tertulisnya dibacakan Asisten Administrasi Drs.H. Baihaqi Syam mengatakan, Forum Kominda memiliki kontribusi positif untuk menciptakan suasana kondusif, kontruktif bagi keamanan dan ketentraman msyarakat di Batang Hari.
 
Menurut Bupati, potensi  ancaman dan gangguan terhadap penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan makin meningkat dan dapat menghambat kelancaran pencapaian tujuan pembangunan, seperti mudahnya masyarakat termakan isu yang belum jelas (menyesatkan), sehingga dapat menimbulkan anarkis yang dapat memakan korban jiwa, harta dan benda.
 
Untuk itu perlu peningkatan tugas-tugas Kominda di Kabupaten Batang Hari antara lain soal konflik perbatasan, pendirian rumah ibadah,  aliran sesat yang bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadis Rasul, dan terus Jalinlah hubungan yang komunikatif dengan pihak terkait seperti FKUB, FKDM FPk dan lain sebagainya.
 
Selain itu peserta Rakor juga harus mewaspadai kampanye hitam terselubung, aliran berbasis kepercayaan/agama, perubahan aturan KPU, dapat mendektesi terhadap langkah KPU dalam menyikapi DP4, jika menemukan masalah segera laporkan dan koordinassikan dengan instansi terkait, sehingga  tercipta rasa aman dan nyaman dilingkungan masyarakat.
 
Peran Kasi Trantib Kecamatan dan Kelurahan sangat besar dalam melaksanakan tugas Kominda, diharapkan agar selalu siap, sigap dalam memonitor, mengawasi lingkungannya masing-masing, sehingga setiap kejadian dan permasalahan  yang ada dapat segera di antisipasi.
 
Sebelumnya Kakan Kesbang Polinmas Kabupaten Batang Hari Sulaiman Effendi melaporkan, Rakor Kominda  tahun 2013 angkatan I berlangsung satu hari, diikuti oleh 25 orang utusan dari  8 Kecamatan  dengan nara sumber dari Kabupaten Batang Hari di Ruang Pola kesbangPolinmas bertujuan menyatukan persepsi dalam melaksanakan tugas dibidang Intelijen daerah  guna mewujudkan sinergi seluruh unsur Forum Koordinasi dalam rangka meningkatkan suasana kondusif di Kabupaten Batang Hari dan umumnya Provinsi Jambi.
 
(Dio-Humas)