Jumat, 30 Oktober 2020 | 19:34:43

Kunjungan Wamen Perdagangan RI di Pasar Lelang Karet Penerokan
Diposting Oleh DISKOMINFO Kab. Batang Hari | Berita Daerah | Minggu, 29 Maret 2012 - 11:31:21 WIB

Kunjungan Wakil Menteri Perdagangan RI Ir. Bayu Krisna Murthi,MS, didampingi Sekda Provinsi Jambi Ir.Syahrasaddin, Wakil Bupati Batanghari Sinwan SH, Rabu 28 Maret 2012 di Pasar Lelang Karet Kab. Bata

Muara Bulian, Wakil Menteri Perdagangan RI Ir. Bayu Krisna Murthi,MS, didampingi Sekda Provinsi Jambi Ir.Syahrasaddin, Wakil Bupati Batanghari Sinwan SH, Rabu 28 Maret 2012 melakukan kunjungan kerja di Pasar Lelang Karet (PLK) yang dikelola oleh KUD ‘BEDIKARI di Desa Penerokan Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari dihadiri para Kepala SKPD Propinsi Jambi dan Kabupaten Batanghari, para petani karet Desa Penerokan, pembeli karet, dan undangan yang lainya.

Wakil Bupati Batanghari Sinwan SH, menjelaskan keberadaan PLK yang dikelola oleh KUD Berdikari sejak tahun 1989, sangat membantu warga Desa Penerokan yang sebagian besar perprofesi sebagai petani karet. Menurut Wakil Bupati Sinwan, SH, Dengan adanya PLK ini warga dapat langsung menjual hasil Bokarnya kepada KUD setiap sekali dalam seminggu, dengan harga yang wajar sesuai pasaran, sehingga dapat memutus mata rantai dan ketergantungan petani terhadap Kafuik (pembeli karet) petani.

Wakil Menteri Perdagangan Ir.Bayu Krisna Murthi,MS, dalam sambutanya meminta kepada petani setempat agar selalu menjaga dan meningkatkan kualitas karet olahannya untuk menjaga, supaya harga jual karet tetap stabil. Banyak petani yang tidak bisa menjaga kualitas karet dengan memperbanyak campuran air dan menggunakan bahan lainya, sehingga kualitas karet menjadi rendah. dan masalah utama yang terjadi dalam pengolahan karet ditingkat petani, adalah mutu Bokar (Bahan Olahan Karet) yang rendah kwalitasnya.

Menurutnya, Pasar Lelang Lokal Karet Panerokan, Kabupaten Batanghari, Jambi, yang dibentuk tahun 1989 sebagai embrio Pasar Fisik Komoditi Karet, yang pendiriannya dirintis Pusat Studi Pembangunan Institut Pertanian Bogor bekerja sama dengan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Kementerian Perdagangan, merupakan salah satu pasar lelang yang bertahan hingga saat ini dan pantas dijadikan raw model keberhasilan pasar lelang di dalam negeri.

(Dio-Humas)