Kamis, 01 Oktober 2020 | 19:42:26

DESA POMPA AIR LOKASI SAFARI RAMADHAN TERAKHIR PEMKAB BATANG HARI
Diposting Oleh DISKOMINFO Kab. Batang Hari | Berita Daerah | Rabu, 08 Juli 2015 - 11:12:27 WIB



Muara Bulian, Humas.
     Suatu kebanggaan bagi Desa Pompa Air karena dipercaya Camat Bajubang sebagai tempat kegiatan Tim Safari Ramadhan Tingkat Kabupaten Batang Hari tahun 1436 Hijriah untuk Kecamatan Bajubang yang berlangsung Selasa, 7 Juli 2015 di Mesjid Baiturrahim yang dihadiri langsung oleh Bupati Sinwan, SH dan Ibu , Plt Sekda Muhammad Fadhil Arief, SE, Para staf Ahli Bupati, para Asisten Setda, para Kepala SKPD, Kabag dilingkungan Setda, Penceramah H. Bustomi Usman M.PdI, Camat Bajubang Ibnu Hajar, Kades/lurah, Da’i dan tokoh masyarakat desa setempat.
      Kegiatan Safari Ramadhan diawali dengan pembacaan kulhu dan Tahlil dilanjutkan dengan Buka Puasa Bersama di ruang Balai Desa yang letaknya persis di Samping kiri Mesjid Baiturrahim, kemudian Sholat Magrib berjama’ah dan dilanjutkan dengan makan malam bersama di Balai Desa, kemudian, usai makan malam bersama dilanjutkan dengan sholat Isya dan sholat sunat Tarawih berjama’ah dipimpin oleh Penceramah yang juga Kabag Kesra Setda Batang Hari H. Bustomi. 
Sebagai informasi, kegiatan Safari Ramadhan di Desa Pompa Air ini dipilih oleh Camat langsung, dan merupakan kegiatan yang terakhir dalam jadwal yang ditetapkan panitia dan yang perdananya dilaksanakan (24/6) di Mesjid Al-Muhajirin Desa Bulian Jaya Kecamatan Maro Sebo Ilir.
       Bupati Sinwan, SH pada kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan Safari Romadhan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Pemkab Batang Hari setiap tahunnya di bulan suci ramadhan, bertujuan untuk meningkatkan silaturrahmi dan ukhuwah Islamiah antara seluruh jajaran Pemda dengan masyarakat dalam Kabupaten Batang Hari sekaligus untuk mengevaluasi bagi kita semua dalam mengukur sampai sejauh mana umat Muslim dalam upaya memakmurkan mesjid dilingkungannya masing-masing dengan kegiatan yang bernapaskan islami, termasuk mengetahui masalah yang dihadapi masyarakat secara langsung untuk ditindak lanjuti dimasa mendatang, “makanya saat ini semua Kepala SKPD sengaja dihadirkan untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang ada di Desa ini, mari bersama sama membangun desa untuk lebih baik kedepan”.
     Selanjutnya Bupati Sinwan menegaskan kepada masyarakat Bumi Serentak Bak Regam Kabupaten Batang Hari khususnya yang berada di Desa Pompa Air Kecamatan Bajubang untuk mengisi bulan suci ramadhan ini dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah baik disiang maupun dimalam hari.Menurut Bupati, saat ini berkembang di masyarakat ajaran agama yang menyesatkan, pengaruh gerakan ISIS dinilai sangat meresahkan masyarkat, disamping itu pergaulan bebas serta bahaya Narkoba bagi generasi muda dan masyarakat pada umumnya selalu mengancam dan merusak mental dan keimanan umat manusia, sehingga dapat menghambat keberhasilan pelaksanaan pembangunan daerah. Untuk itu ‘mari bimbing dan arahkan anak kita dengan pendidikan agama, selalu berpuasa, melaksanakan sholat dan memperbanyak membaca Al-qur’an serta mengisi kehidupan kita dengan kegiatan positif yang kreaktif dan inovatif, kepada jajaran Pemerintah dan tokoh masyarakat Bupati menghimbau supaya meningkatkan pembinaan dan pengawasan serta serius dalam mengantisipasi pengaruh negatif yang membahayakan generasi muda untuk kemajuan Kabupaten Batang Hari kedepan.
       Selain itu Bupati mengharapkan kepada masyarakat untuk terus menjaga kamtibmas, jangan hanya mengandalkan aparat keamanan saja, karena menjaga kamtibmas tidak hanya tugas TNI ataupun Polri semata , tapi adalah tanggung jawab bersama, Akhirnmya Bupati mengucapkan terima kasih kepada Camat Bajubang khususnya Datuk Kepala Desa Pompa Air beserta seluruh masyarakatnya yang telah mempersiapkan buka puasa bersama kepada Tim Safari Ramadhan Kabupaten Batang Hari. Pada kesempatan tersebut Bupati secara pribadi menyerahkan bantuan sejumlah uang untuk membantu pembangunan Mesjid Desa setempat.
       Sementara itu penceramah H. Bustomi, M.PdI menjelaskan nikmat iman merupakan kesempatan dari Allah, makanya kita harus banyak bersukur kepada Allah, karena Allah berjanji bila kita bersyukur maka nikmatnya akan ditambah, namun jika kita kufur nikmat maka azab Allah sangatlah pedih.Mari bersyukur, apalagi pada bulan Ramadhan, dengan perbanyak bersalawat, membaca Al-quran, dan taat kepada Allah, rasul, Para pemimpin kita, menyumbangkan harta terbaik kita kepada yang membutuhkan, guna membentuk kepribadian yang taqwa.
        Pada bulan puasa, selain perbanyak ibadah kita agar selalu menghindari sikap mubajir, terima apa adanya, rendah diri, dan berkeyakinan teguh, karena menurutnya, “ orang dirindukan surga “ ialah orang mukmin yang selalu membaca, memahami dan melaksanakan isi kandungan Al-Quran, selalu menjaga lisan, dan menafkahkan hartanya dijalan Allah seperti memberi makan orang yang berbuka puasa, membantu anak yatim, serta selalu menjalin siraturrahim.
      Masih menurut H. Bustomi, ada dua golongan yang tidak diridho’i Allah SWT di Akhirat kelak yakni orang yang memutuskan tali silaturrahmi dan orang yang selalu usil dengan urusan orang lain. untuk itu jalinlah silaturrahmi dan jangan usil dengan urusan orang lain, karena dengan menjalin silaturrahmi sesama umat manusia dapat memperpanjang umur dan memurahkan rezeki dan dengan tidak usil dengan urusan orang lain dapat membuat hidup lebih aman dan tentram. 
       Sebagai informasi sampai memasuki malam ke 22 Ramadhan Tim Safari ramadhan Kabupaten Batang Hari telah menyelesiakan rangkaian kegiatan safari ramadhan di 8 Desa dalam 8 Kecamatan di Kabupaten Batang Hari.(Dio).