Kamis, 01 Oktober 2020 | 18:33:32

PORPROV BARU DIMULAI BATANG HARI RAIH 4 EMAS, 2 PERAK 1 PERUNGGU
Diposting Oleh DISKOMINFO Kab. Batang Hari | Berita Daerah | Kamis, 28 Mei 2015 - 13:52:43 WIB



Muara Bulian, Humas.
        Bupati Batang Hari Sinwan, SH Rabu (27/5) melepas kontingen Batang Hari untuk mengikuti ajang Porprov 21 Jambi di Kota muara Bulian, pelepasan berlangsung di Halaman Kantor Bupati Batang Hari dihadiri Unsur Forkompinda, Ketua Koni H. Arzanil, Peltu Sekda M. Fadhil Arif, SE, Staf Ahli, para Asisten para kepala SKPD serta Kabag dilingkungan Setda.Bupati mengucapkan selamat bertanding kepada segenap Kontingen Batang Hari yang akan mengikuti perhelatan Porprov mulai besok hari, Selamat berjuang dengan sportifitas tinggi, raihlah prestasi dengan baik, sesuai ketentuan, semoga kita meraih prestasi terbaik untuk mengharumkan nama Batang Hari.
       Ketua Kontingen Batang Hari Drs.Ec. Akhmadi, MSi melaporkan, kontingen Batang Hari seluruhnya berjumlah 775 orang terdari dari 574 atlit selebihnya adalah pelatih dan pengurus Cabor, mereka nantinya akan ditempatkan dipemondokan di SMAN 1 Batang hari di Kota Muara Bulian.Atlit kita siap memperebutkan Medali Emas, Perak dan Perunggu yang tersedia dari 1.432 kelas pertandingan yang tentunya dengan cara yang santun dan sportivitas tinggi.
         Sebagai informasi, Pemerintah Kabupaten Batang Hari siap sukseskan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XXI Tahun 2015 yang direncanakan akan digelar selama 10 hari mulai tanggal 28 Mei sampai 6 Juni 2015 mendatang, namun sebelum acara pembukaan panitia telah melakukan pertandingan pendahuluan seperti : Cabor Sepak Bola mulai (22/5), DRUMBAND (25/5) dan Balap Sepeda motor mulai Rabu, (27/5) bahkan dua cabor diantaranya telah menghadilkan medali. dan hingga Rabu, 19.30 WIB Batang Hari telah mengumpulkan 4 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu mengungguli 10 Kabupaten/kota lainya di Provinsi Jambi.
       Untuk Cabor Drumband misalnya, dari 10 kelas yang diperlombakan 3 diantaranya telah menyesaikan lomba dan Batang HAri meraih 2 emas serta 2 perak satu kelas lomba telah menyelesaikan lomba namun hasilnya belum diketahui,Ketua Umum Calor Drumband Kab. Batang Hari Ir.H. Damyuti kepada Humas menjelaskan, Untuk Cabor yang dipimpinnya diikut oleh 5 Kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi 6 daerah diantaranya tidak mengikuti lomba pada Cabor ini. Padahal pada ajang Porprov ini Panitia Porprov menggelar 10 Kelas lomba yang ada pada Cabor ini, dan ini yang pertama dilakukan di tanah air dan itu di Kabupaten Batang Hari menjadi tuan rumah.Selain itu panitia sengaja mendatangkan 23 dewan juri yang semuanya dari luar provinsi Jambi agar kegiatan penilaian lomba berlangsung secara objektif.
           Sedang Cabor Balap Sepeda motor yang tadi siang (27/5) atlit Batang Hari mampu meraih 2 emas dan 1 perunggu.
Ketua umum Cabor Balap Sepeda motor Darmawan menjelaskan, cabor yang dipimpinnya diikuti atlit dari 9 Kabupaten/Kota tidak termasuk Muaro Jambi dan Kota Sungai Penuh dan 3 orang atlitnya mampu mengukir prestasI dengan meraih 2 emas dan 1 perunggu dari 6 kelas yang diperlombakan. Yakni Kelas MP1 meraih 1 emas dan MP4 meraih 1 mas dan 1 perunggu.Sedangkan untuk Cabor Sepak Bola Kabupaten Batang hari sudah dua kali melakukan pertandingan yakni melawan Kota Jambi dengan score 1 : 1, dan Melawan Kabupaten Muaro Jambi dengan score 1 : 0 untuk Batang Hari. Kabupaten Batang hari baru kali ini menjadi tuan rumah Porprov setelah berusia 68 tahun, dengan diberi kepercayaan sebagai tuan rumah Porprov, Pemkab Batanghari bertekad untuk menyukseskannya dan mendulang prestasi terbaik. Batang Hari siap menyukseskan acara tersebut, sebagai tolok ukur menguji prestasi atlet dan upaya mencari bibit-bibit atlet berprestasi untuk dibina, dalam arti sukses pelaksanan dan sukses prestasi.
         Hingga kini Pemkab Batang Hari telah menyiapkan sarana dan praprasana yang dibutuhkan pada Porprov XXI, mulai dari venue pertandingan hingga sumber daya manusianya. Kegiatan ini akan berjalan baik jika mendapat dukungan dari KONI Provinsi dan Pemprov Jambi, karena Proprov ini sebagai wadah untuk mengevaluasi dan menguji kemampuan atlet, sehingga harus dipersiapkan sebaik mungkin.
        Berdasarkan hasil pantauan Humas, Saat ini Pemkab Batang Hari terus mempersiapkan sarana yang dibutuhkan dalam upaya mensukseskan Pesta olah Raga Provinsi Jambi, seperti Gedung Olah raga, Kolam Renang, Stadion Koni, sampai infra struktur jalan menuju akses Gedung Olah Raga, termasuk tempat yang bakal menjadi lokasi penginapan para Atlit dari 9 Kabupaten dan 2 Kota di Provinsi Jambi, seperti sarana air bersih dan WC di sekolah-sekolah yang ditentukan.Sedang berkaitan dengan persiapan para Atlit Kabupaten Batang Hari menyambut Porprov XXI/2015, Koni Kabupaten Batang Hari, telah menggelar seleksi dan TC jalan Kontingen Kabupaten Batang Hari diberbagai lokasi/tempat yang ada, sejak 2014
      Menurut Ketua Umum KONI Kabupaten Batang Hari H. Arzanil, KONI Batang Hari bersama pengurus telah melaksanakan proses seleksi atlit Batang hari yang nantinya akan berlaga pada ajang PORPROV Jambi XXI melalui proses Training Centre (TC) atau pemusatan latihan berjalan mulai Agustus sampai Desember 2014, sampai saat ini mereka siap untuk mengikuti pertandingan 
       TC berlangsung diikuti oleh 28 cabang olahraga (cabor)  yakni Sepak Bola, Bola Voli, Pencak Silat, Angkat Besi dan Binaraga, Tenis, Tenis Meja, Tae Kwon Do, Atletik, Renang, Sepak Takraw, Karate, Tarung Drajat, Billiar, Gulat, Kempo, Balap Motor, Panahan, Bulu Tangkis, Catur, Dayung, Panjat Tebing, Balap Sepeda, Bola Basket, Drum Band, Tinju, Wushu, Brigde dan Yudo. 
      Melihat kondisi itu, adalah pekerjaan rumah bagi insan olahraga bertekad memajukan olahraga di Provinsi Jambi. Porprov merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan prestasi para atlit, sehingga melalui porprov ini kedepan dapat lebih meningkatkan Prestasi atlit khususnya peringkat Provinsi Jambi pada PON mendatang.
        Dan menurut rencana Kamis (28/5) Porprov 21 Jambi tahun 2015 akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Jambi dan akan dihadiri oleh Pejabat dari Pemerintah Pusat, para pejabat terkait di Provinsi Jambi, Bupati dan Walikota se-Provinsi Jambi, lapisan masyarakat serta insan olah raga. (dio)