Kamis, 14 November 2019 | 13:16:35

Muara Bulian Juara Umum MTQ Ke-44
Diposting Oleh DISKOMINFO Kab. Batang Hari | Berita Daerah | Minggu, 13 November 2012 - 12:07:34 WIB

Illustrasi

Muara Bulian, Setelah berlangsung selama lima hari mulai tanggal 8 sampai 12 Nopember 2012 akhirnya MTQ ke-44 Tingkat Kabupaten Batang Hari tahun 2012 yang digelar di Kecamatan Mersam, secara resmi ditutup oleh Bupati Batang Hari diwakili Wabup Sinwan, SH, dihadiri Pimpinan DPRD, Forkompinda Batang Hari,Ketua LPTQ  Yazirman, SE, MSi, para Kepala SKPD, Camat, Tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Kafilah Kecamatan Muara Bulian yang berjumlah 62 orang keluar sebagai juara Umum diikuti Kecamatan Batin XXIV ditempat kedua, Mersam ketiga, Maro Sebo Ilir keempat dan Maro Sebo Ulu ditempat kelima.

Bupati H. Abdul Fattah, SH dalam sambutan terulisnya dibacakan Wabup Sinwan, SH mengatakan, MTQ merupakan  salah satu upaya mensyi’arkan  keagungan Al-Qur’an yang bertujuan menumbuh kembangkan minat umat muslim agar gemar membaca dana mempelajari isi kandungan Al-Qur’an, selanjutnya memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Bupati dalam mensyi’arkan Islam bukanlah hanya tanggung jawab  guru ngaji, Pegawai syara, Da’i, Ustaz Pondok Pesantren dan guru madrasah semata tapi adalah tanggung jawab bersama seluruh komponen masyarakat, dengan harapan generasi penerus kita menjadi generasi yang baik, berahlak mulia dan berjiwa agamin sesuai ajaran Islam. Selanjutnya Bupati mengharapkan MTQ tahun ini menghasilkan qori-qori’ah handal yang selanjutnya untuk dijadikan duta Batang Hari mengikuti ajang MTQ tingkat Provinsi Jambi Tahun 2013 di Kabupaten Muaro Jambi.

Pemkab Batang Hari sesuai Visinya untuk membangun daerah sesuai bidang kehidupan guna mewujudkan masyarakat sejahtera lahir bathin, untuk itu  Bupati mengharapkan kepada masyarakat Batang Hari agar selalu meningkatkan persatuan dan kesatuan, memelihara silaturrahmi, dengan ukhuwah Islamiah, bahu-membahu, tolong menolong dalam pembangunan dengan berpedoman pada ajaran Al-Qur’an.

Didik anak-anak dan generasi muda sebagai amanah Allah, untuk membimbing mereka agar selalu belajar, membaca dan memahami serta mengetahui isi kandungan Al-Qur’an, mari berlomba-lomba berbuat kebaikan dan melaksanakan pembangunan sesuai peran dan fungsi masing-masing.

Kepada yang berhasil merain juara, Bupati mengharapkan agar terus berlatih untuk mempersiapkan diri menghadapi MTQ Tingkat Provinsi Jambi di Muaro Jambi dengan harapan kita mampu mempertahankan prediket juara Umum MTQ Provinsi Jambi, untuk 6 tahun berturut-turut. Kepada yang belum berhasil Bupati menegaskan agar jangan berputus asa, tapi jadikan cambuk untuk meraih sukses dimasa mendatang.

Sebelumnya Ketua Panitia yang juga Camat Mersam, Sihabuddin melaporkan, MTQ ke-44 Tinkat Kabupaten Batang hari tahun 2012 yang digelar di Kecamatan Mersam diikuti 566 orang Kafilah utusan dari 8 Kecamatan terdiri dari Kecamatan Pemayung 77 orang, Muara Bulian 62, Bajubang 58, Muara Tembesi 73, Maro Sebo Ilir 69, Batin XXIV 72, Mersam 78 dan Maro Sebo Ulu 77 orang, semua ditempatkan di rumah-rumah penduduk disekitar arena lomba. Mereka mengikuti delapan cabang lomba yang dipertandingkan antara lain : Cabang Tilawah, Sarhil, Khotil, Hifzil, Barzanji  termasuk lomba Pawai Ta’ruf.

Acara penutupan MTQ ditandai dengan penyerahan hadiah dan torpy kepada yang meraih juara dan penurunan Bendera MTQ yang selanjutnya diserahkan oleh Wabup Kepada Camat Muara Tembesi sebagai Tuan Tumah MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Batang Hari Tahun  2013. Sebagai informasi MTQ ke-44 Tingkat Kabupaten Batang Hari dibuka secara resmi tanggal 9 Nopember 2012 oleh Wabup Sinwan, SH yang sebelumnya yakni pukul 14.00WIB diawali oleh Pawai Ta’ruf dengan rute yang dipersiapkan panitia.

(Dio-Humas)