Jumat, 30 Oktober 2020 | 19:51:36

Pengurus PPI Silahturahmi dengan NU Kabupaten Batang Hari
Diposting Oleh DISKOMINFO Kab. Batang Hari | Berita Daerah | Minggu, 26 Januari 2012 - 10:35:11 WIB

Pengurus Pondok Pesantren Indonesia (PPI).

Muara Bulian, Ketua Pengurus Pondok Pesantren Indonesia (PPI) Prof. Dr. Nur Iskandar diwakili oleh K.H. Anas Taher, bersilahturahmi dengan pengurus Nahdatul Ulama (NU) Kab. Batanghari dan keluarga besar Pondok Pesantren (Ponpes) Irsyadul Ibad yang terletak di Simpang Kubu Kandang Kec. Pemayung, Rabu, 25 Januari 2012 di Mesjid Ponpes setempat, dihadiri oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Provinsi Jambi, Ketua NU Kab. Batang Hari Yazirman, SE.M.Si Beserta rombongan, Da’i se-Kab. Batang Hari dan Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya.

Ketua NU Kab. Batang Hari Yazirman, SE.M.Si dalam sambutannya mengharapkan agar para Da’i yang ada di Kab. Batanghari dapat menjalankan tugas yang telah di embankan dalam mensyi’arkan agama Islam dengan baik dan benar ses dan saudah masuk kesini, dan kepada para pimpinan Ponpes khususnya pimpinan Ponpes Irsyadul Ibad diharapkan dapat lebih meningkatkan syi’ar Islam dengan melebarkan sayap NU terutama dalam menerapkan pelajaran Salafiah supaya mampu memberikan pengaruh yang baik kepada Pemerintah dan Masyarakat Batanghari guna membangun dan mengembangkan NU di Bumi Serentak Bak Regam.

Sebagai informasi, diwilayah Batanghari terdapat 84 Da’i, dan pegawai syara’ terdiri dari 582 orang imam, 580 orang khotib, 580 orang bilal dan 288 orangmudib, menggalakan kegiatan BKMT, Pengajian Antara Magrib dan Isya (PAMI), alhasil sampai tahun 2011 Pemkab Batang Hari meraih juara umum MTQ tingkat Provinsi Jambi 4 tahun berturut-turut, yakni Tahun 2008 di Muara Bulian Kab. Batang hari, Tahun 2009 di Kabupaten Bungo, Tahun 2010 di Kabupaten Tanjung Barat dan Tahun 2011 di Kabupaten Kerinci.
Kebijakan Pembangunan Pemkab Batang hari dibidang Keagamaan, dilaksanakan melalui kegiatan peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan beragama peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa. kegiatan tersebut diikuti oleh masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh adat, pemuda, tokoh agama.

Komposisi masyarakat Kabupaten 99,5 % beragama Islam, Agama Kristen Katolik 0.74 %, dan Kristen Protestan, sisanya sekitar 0,26 % penduduk Batang Hari beragama Budha, Hindu dan kepercayaan lainnya.
Berkenaan dengan peningkatan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, saat ini diwilayah Kabupaten Batang Hari terdapat sarana ibadah berupa Mesjid 292 buah, Langgar 242, Mushola 70 buah bagi umat Islam dan Gereja 3 buah bagi umat Kristen.
Sedang jumlah sekolah, guru dan murid Madrasah di Kabupaten Batang Hari sampai tahun 2010 sebagai berikut :MIN 4, JUMLAH GURU 101, MURID 588 ORANG, MIS 4, Guru 19, dan 89 murid, MTs.N 8 buah, Guru 136 dan murid 1.495 orang dan MTs Swasta 25 dengan guru 288 dan 1.542 murid, Untuk MAN 5 buah dengan 88 Guru dan 765 Murid, MA Swasta (Ponpes) 15 buah 147 guru dan 727 murid. Perguruan Tinggi Islam (STIT) 1 buah dengan 62 dosen dan 1.348 mahasiswa, sedang untuk Diniah Takmilian berjumlah 211 buah dengan 2.482 guru dan 18.457 murid.

Sementara itu K.H. Anas Taher dalam sambutannya mengatakan, saat ini masih banyak Ponpes yang belum dapat bantuan bangunan fisik dari Pemerintah khususnya di pelosok-pelosok, termasuk yang ada diwilayah Kab.Batang hari, namun demikian K.H Anas Taher mengharapkan agar para Santriwan/santriwati tetap bersemangat menimba ilmu di Ponpes masing-masing, dan setelah menyelesaikan pendidikan dari Ponpes dapat mengembangkan dan mengaktualisasikan ilmu yang di dapat kepada Masyarakat luas, yang pada intinya untuk kembali kepada kemurnian ajaran syariat Islam.

Acara ditandai dengan Pembacaan ayat Suci Alqura’an : santri Ponpes Irsyadul Ibad dan Solawwat Nabi Muhammad. SAW oleh para Hadirin, dan penampilan kompangan Ponpes Irsyadul Ibad.

(Eko-Humas)





Majalah Bulanan Pemkab Batanghari

E-book Pemkab Batanghari