Minggu, 28 November 2020 | 13:05:23

BUPATI INSPEKTUR UPACARA HUT DAMKAR DAN POL PP DI BATANG HARI
Diposting Oleh DISKOMINFO Kab. Batang Hari | Berita Pemerintahan | Rabu, 18 Maret 2015 - 10:35:08 WIB



Muara Bulian, Humas
     Sejak jaman Kolonial Belanda dahulu masyarakat Indonesia sudah mengenal pelayanan pemadam kebakaran yang sampai sekarang kita kenal dengan istilah Brandweer. Pelayanan damkar tersebut sudah dikenal sejak tahun 1909. Pada tanggal 1 Maret 1919 terjadi kebakaran hebat di perkampungan melayu tepatnya di Pasar Mester Jatinegara. Dan sebagai bentuk penghormatan terhadap petugas Damkar yang sudah berjasa dalam penyelamatan jiwa serta harta benda peristiwa tersebut, masyarakat Betawi memberikan plakat tanda penghargaan kepada Brandweer Batavia pada 1 Maret 1929.
         Kini di era modern, tanggal 1 Maret diperingati sebagai Hari Pemadam Kebakaran Nasional sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan dan pengorbanan petugas Damkar yang selalu siap siaga perespon waktu tanggap darurat bencana kebakaran. Dengan semboyannya: “Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Ikut Taruhannya”.
          Pemerintah Kabupaten Batang hari menyelenggarakan upacara Peringatan  Hari Pemadam Kebakaran Nasional yang ke-96, HUT Satpol PP ke 65 dan  Linmas ke  53 di Lapangan Garuda Muara Bulian Selasa, 17 Maret 2015, Upacara diikuti ForKompinda Batang hari, Sekda Batang hari,  para Kepala SKPD, Pelajar, serta undnagan lainnya.  
Mendagri Dalam sambutan tertulisnya dibacakan oleh  Bupati Batang Hari  Sinwan, SH selaku Inspektur Upacara  antara lain mengatakan,  dalam rangka optimaliasi pelayanan dasar kepada masyarakat dari bahaya kebakaran, meliputi beberapa indikator. Diantaranya cakupan pelayanan damkar; tingkat tanggap respon yang dibedakan dalam tingkat wilayah; prosentase aparat damkar yang berkualifikasi serta jumlah mobil damkar diatas 5000 liter pada Wilayah Manajemen Kebakaran.
                Meningkatnya pembukaan lahan baru dengan pola tebang bakar serta tidak adanya sarana peralatan damkar membuat kemungkinan terjadinya kebakaran yang luas pun meningkat. Diperlukan sanksi serta penegakan hukum sesuai perundangan yang berlaku. Disinilah pentingnya peningkatan peran Institusi Damkar dan SKPD yang membidangi Lingkungan Hidup serta Kehutanan serta beberapa satuan terkait dalam inspeksi peralatan dan sarana proteksi kebakaran kepada pelaku usaha. Pemberdayaan komunitas sukarelawan damkar yang disebut BALAKAR menjadi garda terdepan dalam melakukan pencegahan, pengendalian, dan pemadaman dini kebakaran pemukiman, hutan dan lahan gambut.
Penelitian terkini memperkirakan bahwa kebakaran menyumbang emisi gas rumah kaca yakni Carbon Dioxida sebesar 470 Mt (Metric Ton)  per tahun. Di sisi lain, Pemerintah telah mencanangkan target penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 26% di tahun 2020. Oleh karena itu perlu upaya mitigasi melalui pengendalian aktifitas yang dapat menurunkan emisi gas rumah kaca serta melibatkan pihak terkait secara aktif dalam gerakan ini.
      Berkenaan dengan   HUT Satpol PP Ke 64 dan  HUT Linmas yang ke 52,  Bupati   membacakan sambutan Mendagri  yang intinya  mengucapkan “Selamat” memperingati hari jadi kepada seluruh anggota Satpol PP dan Satuan Linmas dimana saja saudara bertugas, pada kesempatan yang penuh berkah ini, saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya serta ucapan “terima kasih” dan penghargaan yang tulus atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan Saudara selama ini, lalu tingkatkan terus kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah, sehingga dapat lebih profesional, komponen dan berintegritas tinggi yang diharapkan dapat lebih menunjang tugas pokok dan fungsi operasional di lapangan” ungkapnya
        Bupati menambahkan, melalui peringatan ini juga hendaknya dijadikan momentum agar mengoptimalkan eksistensi Satpol PP dalam mendukung pelaksanaan Pemilu. Satpol PP harus turut berperan aktif membantu pihak terkait apabila diperlukan, khususnya dalam rangka menciptakan ketentraman dan ketertiban, sehingga pelaksanaan Pembangunan di Kabupaten Batang  Hari kondusif sesuai harapan kita bersama.
      Terakhir Bupati menyampaikan Selamat Ulang Tahun kepada para jajaran serta menyampaikan harapannya kepada Satpol PP dan Satuan  Linmas agar terus meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah sehingga dapat lebih profesional, kompeten dan berintegritas tinggi yang pada saatnya nanti dapat lebih menunjang tugas pokok dan fungsi operasional dilapangan.Acara diakhiri dengan pembacaan dan penandatanganan deklarasi anti Narkoba dilapangan Garuda Muara Bulian oleh pejabat berwenang serta p[ara peserta yang hadir.(Dio)