Jumat, 30 Oktober 2020 | 21:13:26

Pelatihan Pegawai Syara Kabupaten Batang Hari
Diposting Oleh DISKOMINFO Kab. Batang Hari | Berita Daerah | Minggu, 02 Oktober 2012 - 11:52:44 WIB

Wakil Bupati Batang Hari Sinwan

Muara Bulian, Sebanyak 1.164 pegawai Syara Desa/Kelurahan diwilayah Kabupaten Batang Hari mengikuti pelatihan mulai tanggal 2 Oktober sampai  Desember 2012, di Balai Pengembangan  Pendidikan Luar Sekolah (BPPLS) atau SKB  Muara Bulian.

Kabag  Kesra Drs.H. Bustomi, MPdI melaporkan, Pelatihan Pegawai Syara (Khotib dan Imam) Desa/Kelurahan ini bertujuan : untuk memberikan pencerahan terhadap Tupoksi dalam pelaksanaan Ibadah, Ibadah Sosial  kemasyaakatan, sehingga tidak hanya berfungsi sebagai khotib dan imam  dalam sholat  tapi jadi imam dan khotib dimana saja, memperbaiki/membetulkan bacaan ayat-ayat dalam sholat  yang belum sempurna  menurut ilmu tajuwid, tatacara dan tajuid sholat.

Pelatihan dilaksanakan  dalam 8 angkatan dibiayai dari APPBD Kabupaten Batang Hari dan  diikuti 1.164 0rang,  Angkatan I tanggal 1 – 4 Oktober 2012 dari Kecamatan Muara Bulian 252 orang dan angkatan 8 tanggal 8-11Desember 2012 di BPPLS Provinsi Jambi di Muara Bulian.

Materi Pelatihan berupa : kebijakan Pemkab Batang Hari dibidang Agama, Fungsi Imam dan Khotib, fungsi peranan  imam dan khotif, Tupoksi dan tanggung jawab pegawai syara, praktek dan hapalan surat pendek dalam sholat. tanggung jawab Pegawai syara dalam kehidupan kemasyarakatan, serta Maqaratul Mazahib Fil Ibadah.

Mothode pelatihan berupa ceramah dan tanya jawab serta prakteksetiap peserta guna  lebih lebih  pemantapan ilmu pengethuan ibadah bagi Imam dan khotib.

Bupati dalam sambutan tertulisnya dibacakan Wakil Bupati Batang Hari Sinwan, SH mengatakan, pengetahuan petugas imam dan khotib perlu ditingkatkan sehingga nantinya benar-benar mampu menjadi panutan masyarakat khususnya dalam melaksanakan ibadah sholat.

Menurut Bupati, Pegawai Syara, Da’i guru Pami, DTA jumlahnya ribuan di Batang Hari, untuk itu mari berpikir secara positif, untuk meningkatkan kualitas ibadah, karena kualitas umat islam itu dapat dilihat dari kualitas sholat yang dilakukannya, jadi kalau sholat kita sempurna, Insya Allah, ibadah yang lain mengikutinya.

Melalui acara Pelatihan nini Bupati mengharapkan kepda peserta supayamemanfaatkan waktu yang singkat ini semaksimal mungkin,  mari kita jadikan sarana untuk  saling tukar informasi, tukar pendapat, guna memperbaiki yang salah, khusunya  tata cara beribadah, berpakaian. Dan mari kita sukseskan MTQ Tingkat Kabupaten Batang Hari, tanggal 7-12 Nopember 2012, di Kecamatan Mersam untuk persiapan menghadapi MTQ  Provinsi Jambi tahun 2013 di Kabupaten Muaro Jambi.

Selain itu Bupati menjelaskan, Pemkab Batang Hari merencanakan akan membuat Mesjid Agung di Batang hari yang berlokasi di depan Pasar Kramatinggi Muara Bulian yang dilengkapi oleh berbagai sarana ibadah, termasuk tempat bimbingan calon haji, saat ini Instansi terkait tengah berkoordinasi tentang bentuk dan susunan  mesjid yang bakal dibangun, mari kita sama-sama berdo’a agar keinginan pemkab Batang Hari untuk memiliki Mesjid Agung yang megah dapat terwujud.

(Dio-Humas)